Banyak Pemain U-17 Tak Jadi Apa-apa

Mantan pemain timnas Belgia Radja Nainggolan berpesan kepada pemain Timnas Indonesia U-17 agar terus bekerja keras selagi masih muda.
Jakarta, CNN Indonesia

Mantan pemain timnas Belgia Radja Nainggolan berpesan kepada pemain Timnas Indonesia U-17 yang tampil di Piala Dunia U-17 2023 agar terus bekerja keras selagi masih muda.

Menurut dia, tampil di Piala Dunia U-17 bukan sebuah pencapaian besar. Pasalnya Radja sudah banyak melihat pemain berbakat di usia muda yang akhirnya tidak jadi apa-apa saat tampil di level senior.

Banyak pemain bersinar di usia muda, tetapi pada akhirnya tenggelam di usia matang. Radja berharap pemain Timnas U-17 yang tampil di Piala Dunia U-17 2023 tak menjadi begitu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya telah melihat banyak pemain sekitar 16-17 tahun. Ada banyak orang berbakat, tetapi mereka tidak menjadi apa-apa atau bukan siapa-siapa,” kata Radja di Surabaya, Sabtu (11/11).

“Dan menurut saya yang paling penting adalah selalu terus bekerja,” ucap pemain yang pernah membela AS Roma dan kini ditunjuk PSSI menjadi ambassador Piala Dunia U-17 2023.

Terlepas dari itu, Radja menyebut bisa tampil di Piala Dunia U-17 adalah suatu pencapaian. Tak banyak pemain yang bisa mencapai titik ini di awal karier sepak bolanya.




Karena itu Radja berpesan, pencapaian di level elite ini harus dijaga. Pemain muda diminta terus berlatih keras agar bisa berada pada level yang tinggi di masa mendatang.

“Ini adalah sesuatu yang perlu Anda rawat, karena karier tidak hanya tentang mencapai suatu titik, tetapi juga tentang bagaimana Anda harus bertahan dan mencapai sesuatu,” ujar Radja.

“Hal tersulit adalah tetap berada di titik pencapaian Anda dan terus bekerja karena Anda harus tetap di sana,” ujar pemain yang dikenal dengan karakter keras dan lugasnya ini.

Di Piala Dunia U-17 2023 Timnas Indonesia tergabung di Grup A. Satu laga telah dilalui tim asuhan Bima Sakti dengan menahan imbang Ekuador dengan skor 1-1 pada Jumat (10/11).

Pertandingan selanjutnya Indonesia akan melawan Panama pada Senin (13/11) malam. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com