Asnawi, Pemain Pertama Indonesia Era STY yang Bobol Vietnam Senior

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam jadi pemain pertama yang membobol gawang Vietnam di level senior selama era kepelatihan Shin Tae Yong.


Jakarta, CNN Indonesia

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam jadi pemain pertama yang membobol gawang Vietnam di level senior selama era kepelatihan Shin Tae Yong.

Gol itu tercipta di menit ke-42 saat Indonesia berjumpa Vietnam pada babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1). Asnawi menjebol Vietnam melalui tendangan penalti.

Proses gol itu berawal dari umpan panjang Justin Hubner yang disambut Rafael Struick. Kemudian pemain Vietnam, Nguyen Thanh Binh dianggap melakukan pelanggaran karena menarik baju Struick hingga terjatuh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Asnawi ditunjuk jadi eksekutor. Ia melepaskan tembakan dengan tenang dan percaya diri hingga sukses mengecoh kiper lawan. Timnas Indonesia unggul 1-0 di babak pertama laga tersebut.

Selain membawa keunggulan bagi skuad Garuda, gol itu sekaligus jadi yang pertama bagi Timnas Indonesia ke gawang Vietnam selama STY memimpin tim senior.

Di bawah kendali STY, Timnas Indonesia sudah empat kali bersua Vietnam. Momen pertama terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 7 Juni 2021 lalu.

Saat itu Indonesia kalah telak 0-4. Lalu pada pertemuan kedua di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia imbang 0-0. Di pertandingan ketiga pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 pun berakhir 0-0.

Lalu di perjumpaan terakhir pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Indonesia justru kalah 0-2. Dari situ, rekor buruk menghantui STY kala bertanding melawan Vietnam.

Karena itu, gol Asnawi jadi catatan tersendiri bagi Timnas Indonesia dan STY. Sebab Timnas Indonesia akhirnya bisa keluar dari catatan minor ketika berhadapan dengan rival sesama Asia Tenggara itu.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com