Arsenal Hajar Brighton 2-0, Liverpool Tertekan

Arsenal sukses mengalahkan Brighton and Hove Albion 2-0 pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Minggu (17/12).


Jakarta, CNN Indonesia

Arsenal sukses mengalahkan Brighton and Hove Albion 2-0 pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Minggu (17/12).

Tampil di depan pendukung sendiri, Arsenal tampil agresif sejak menit awal. Martin Odegaard dkk mencoba menggebrak dari segala arah namun masih mampu diredam pertahanan solid Brighton.

Peluang terbaik Arsenal terjadi di menit ke-14 lewat aksi Odegaard. Gelandang Denmark itu lebih dulu meliuk-liuk di depan kotak penalti sebelum melepaskan tembakan kaki kiri. Namun sayang bola masih melenceng tipis dari sasaran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Brighton cukup solid dalam bertahan dan berani memainkan bola di area pertahanan sendiri. Namun serangan yang dibangun mereka kerap terputus di tengah jalan.

Gabriel Martineli nyaris memecah kebuntuan pada menit ke-32. Umpan tarik Saka dari sisi kanan langsung disambar Martineli tapi bola masih melambung di atas mistar.

Saka mendapat dua peluang emas di kotak penalti, namun tembakannya juga masih melambung jauh dari sasaran karena menggunakan kaki kanan yang bukan kekuatan terbaiknya.

Brighton sendiri lebih sibuk bertahan untuk meredam serangan bertubi-tubi yang dilancarkan The Gunners. Tak ada peluang bagus yang dihasilkan tim tamu hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Arsenal akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-52 berkat sundulan Gabriel Jesus memanfaatkan situasi sepak pojok.




Arsenal kesulitan cetak gol di babak pertama. (Reuters/JOHN SIBLEY)

Umpan sepak pojok Saka coba dihalau Jan Paul van Hecke namun bola justru jatuh ke arah Gabriel Jesus. Striker asal Brasil itu dengan sigap menanduk bola tanpa bisa dibendung. Arsenal unggul 1-0.

Odegaard nyaris menggandakan keunggulan Arsenal di menit ke-74 lewat aksi individu ciamik. Sayang tembakannya dari tengah kotak penalti masih bisa diselamatkan Bart Verbruggen yang tampil gemilang.

Keasyikan menyerang, Arsenal nyaris kebobolan di menit ke-82. Kaoru Mitoma lolos dari kawalan di sisi kiri dan melepaskan umpan mendatar di depan gawang yang mampu disambar Pascal Gross.

Sayang sontekan Gross masih melenceng tipis di sisi kiri gawang padahal kiper Arsenal David Raya sudah salah antisipasi.

Arsenal mempertegas kemenangan mereka jadi 2-0 lewat gol yang dicetak Kai Havertz pada menit ke-87. Tembakan jarak dekat Havertz tak kuasa dihentikan Verbruggen.

Hasil ini membuat Arsenal untuk sementara kembali ke puncak klasemen Liga Inggris dengan raihan 39 poin. Namun, singgasana The Gunners bisa disalip Liverpool yang terpaut dua angka. The Reds otomatis kembali ke puncak jika mampu mengalahkan Manchester United.

Susunan pemain Arsenal vs Brighton:

Arsenal XI (4-3-3): David Raya; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Martin Odegaard, Declan Rice, Kai Havertz; Bukayo Saka, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli.

Brighton XI (4-2-3-1): Bart Verbruggen; Joel Veltman, Jan-Paul van Hecke, Lewis Dunk, James Milner; Pascal Gross, Billy Gilmour; Simon Adingra, Adam Lallana, Kaoru Mitoma; Evan Ferguson.

[Gambas:Video CNN]

(jun)



Sumber: www.cnnindonesia.com