Alasan Mengejutkan STY Tak Panggil Lilipaly ke Timnas Indonesia

Stefano Lilipaly dan Nadeo Argawinata tidak masuk ke dalam skuad pemusatan latihan (training camp/TC) Timnas Indonesia di Turki.


Jakarta, CNN Indonesia

Shin Tae Yong blak-blakan soal alasan tidak memanggil nama gelandang naturalisasi Stefano Lilipaly ke Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 di Qatar, 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang.

Lilipaly kembali tidak dimasukkan ke daftar pemain Timnas Indonesia setelah absen di Kualifikasi Piala Dunia 2026, November lalu.

Keputusan itu jadi perdebatan di kalangan suporter lantaran pemain kelahiran Belanda tersebut dianggap tampil bagus di Liga 1 2023/2024 bersama Borneo FC.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jelang keberangkatan Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan ke Turki, Shin Tae Yong membeberkan alasan tidak memanggil Lilipaly. Alasan yang dikemukakan STY itu pun terdengar cukup mengejutkan.

“Lilipaly pemain yg sangat bagus di liga, saya lihat juga performa dia sangat bagus,” ujar Shin Tae Yong dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (19/12).

Pelatih asal Korea Selatan ini menjelaskan, stamina Lilipaly yang kini berusia 33 tahun tidak lagi mumpuni untuk dimainkan melawan tim-tim dengan kualitas di atas Timnas Indonesia.

“Tapi kalau melawan tim di atas kita, pasti akan sangat lelah,” ucap STY.

“Beberapa tahun ini saya punya kesempatan untuk lihat langsung dia, tapi untuk Piala Asia ini kelihatannya [Lilipaly] sulit secara fisik,” kata STY menambahkan.

Shin Tae Yong banjir kritik di Kualifikasi Piala Dunia 2026, November lalu, saat Indonesia dihajar Irak 1-5 dan ditahan Filipina 1-1.

Dalam dua pertandingan itu Skuad Garuda terlihat minim kreasi dalam serangan. Di mata suporter, kondisi tersebut karena Indonesia membutuhkan sosok gelandang kreatif seperti Lilipaly.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)



Sumber: www.cnnindonesia.com