Just another website
Indeks

AFF Minta Laga Kandang Indonesia di Piala AFF Terbuka untuk Penonton

Wakil Presiden AFF Dato Sri Francisco Kalbuadi Lay berharap laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 terbuka untuk penonton.

Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Presiden AFF Dato Sri Francisco Kalbuadi Lay menyambangi Menpora RI Zainudin Amali, Jumat (18/11). Ia meminta stadion di Indonesia terbuka untuk penonton selama Piala AFF 2022.

Setelah Piala AFF 2020 digelar menggunakan sistem bubble di Singapura, Piala AFF kali ini akan kembali mengusung sistem kandang dan tandang. Itu membuat Timnas Indonesia akan berlaga di Tanah Air saat menjadi tuan rumah.

Namun setelah Tragedi Kanjuruhan, belum ada gegap-gempita penonton di stadion karena kompetisi terhenti. Karena itu AFF berharap pemerintah RI membuka stadion agar sorak penonton kembali hadir di tribun.

“Kami mohon pemerintah melalui Kemenpora berkoordinasi dengan berbagai pihak, agar stadion home-nya bisa dimainkan di Indonesia dengan penonton. Kami sadar Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki penonton terbanyak di ASEAN dan pencinta sepak bola terbesar,” kata Francisco.

Ia menegaskan kedatangannya ke kantor Kemenpora bukan untuk menekan pemerintah RI agar membuka stadion untuk penonton. Politikus asal Timor Leste itu menyampaikan, pihaknya hanya ingin semarak Piala AFF kembali lagi seperti semula.

“Sesungguhnya itu bukan menekan, tapi kami menyarankan pemerintah tentu melalui PSSI dan Kemenpora agar laga kandangnya bisa dimainkan di Indonesia. Dan bila dimungkinkan ada penonton, tapi tetap kami serahkan ke pemerintah dan pihak-pihak terkait,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Menpora RI Zainudin Amali menyambut baik kedatangan perwakilan AFF. Ia akan meneruskan harapan AFF kepada pihak kepolisian yang berwenang memberi izin soal penonton bisa menyaksikan pertandingan di stadion.

“Tentu akan kami diskusikan dengan Polri, termasuk masukan dengan apa yang tadi disampaikan PSSI dan PT LIB. Nanti akan kami satukan laporannya ke Polri,” kata Zainudin.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jun)






Sumber: www.cnnindonesia.com