30 Pegawai FIFA Berkantor di Jakarta

Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut bakal ada 30 pegawai FIFA yang berkantor di Jakarta setelah Kantor FIFA di Jakarta diresmikan Presiden Jokowi.
Jakarta, CNN Indonesia

Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut bakal ada 30 pegawai FIFA yang berkantor di Jakarta setelah Kantor FIFA di Menara Mandiri, Jakarta, diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (10/11).

Hal itu disampaikan usai Infantino usai menghadiri peresmian kantor FIFA di Jakarta bersama Presiden Jokowi dan Ketua PSSI Erick Thohir di Menara Mandiri.

“Ya, sejauh ini kami menggunakan satu lantai yang berisi sekitar 20 sampai 30 orang,” kata Infantino.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Infantino membuka peluang menambah pegawai FIFA di Jakarta karena potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam lingkup sepak bola. Lokasi yang strategis jadi salah satu pertimbangan FIFA memilih kantor di Jakarta.

“Kami berencana mengembangkannya lebih besar. Maksud saya, Indonesia adalah negara besar dan negeri sepak bola. Kantor di sini berada di lokasi yang penting di Asia Tenggara dan Asia Timur,” ujar Infantino.

Kehadiran kantor FIFA di Jakarta berfungsi untuk menjalankan beberapa misi seperti penghubung kantor pusat di Zurich, pemantauan transformasi sepak bola Indonesia, dan pengawasan pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023.




“Di sini kami sangat ingin memberi dampak nyata tidak hanya untuk Indonesia karena tentunya untuk keamanan, perjuangan demi integritas, dan yang paling penting pengembangan sepak bola wanita dan pria,” kata Infantino.

Infantino juga mengungkit rencana pembangunan pusat latihan Timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Adanya kantor FIFA di Indonesia diharapkan dapat memudahkan mobilisasi pegawai FIFA selama pembangunan.

“Dengan Training Center dan FIFA Academy di negara yang bersedia berinvestasi untuk masa depan. Ini adalah tempat yang tepat untuk FIFA dalam bekerja demi masa depan Indonesia dan seluruh Asia,” ucap Infantino.

Sementara itu Presiden Jokowi mengatakan dengan FIFA berkantor di Jakarta, maka transformasi sepak bola Indonesia bisa dijalankan dengan baik.

“Kita sudah setahun yang lalu berbicara mengenai transformasi sepak bola Indonesia dan kita serius, kita berkomitmen untuk memulai, dan ini didukung penuh oleh Presiden Gianni dengan kantor FIFA yang ada di Jakarta,” ujar Jokowi.

“Ini adalah kantor Asia Hub di sini, sehingga kita harapkan dukungan FIFA baik di manajemen pertandingan, di tata kelola keamanan, kemudian tata kelola perwasitan, manajemen keamanan di pertandingan, semuanya akan diberikan support, diberikan panduan dan ini saya kira betul-betul memulai sebuah babak baru persepakbolaan Indonesia,” kata Jokowi menambahkan.

[Gambas:Video CNN]

(har)



Sumber: www.cnnindonesia.com